Sunday, January 13, 2013

INFUS BUAH PISANG BERKALSIUM TINGGI DARI LIMBAH TULANG IKAN TULANG AYAM DAN CANGKANG TELUR (ISPO 2012)



 ABSTRAK


Ade Nur Azizah dan Richa Rachmawati Afag. 2011.Infus Buah Pisang Berkalsium Tinggi dari Limbah Tulang Ikan, Tulang Ayam, dan Cangkang Telur. Bidang: Lingkungan. Pembimbing: Dwi Eldina, Kuntoro Budiyanto

Kalsium merupakan mineral yang terdapat ditubuh dalam jumlah yang banyak. Namun sering kali banyak orang tidak begitu memperdulikan tentang pentingnya kalsium bagi tubuh, karena menurut  sebagian besar masyarakat kalsium hanya terdapat pada susu yang relatif mahal untuk dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Akibatnya, banyak warga yang mengalami berbagai macam penyakit yang disebabkan karena kurangnya asupan kalsium.Padahal kita juga  dapat mengkonsumsi pisang sebagai alternatif untuk menambah kalsium bagi kesehatan tubuh kita. Untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka kami melakukanpenelitian ini. 
Rumusan masalah yang kami ambil antara lain bagaimana konsep pemanfaatan limbah organik (tulang ikan,tulang ayam,dan cangkang telur) sebagai limbah yang bermanfaat, bagaimana potensi limbah organik dalam membentuk kalsium yang tinggi pada buah pisang dan bagaimana mengaplikasikan limbah organik terhadap tanaman pisang. Tujuan yang hendak dicapai adalah memaparkan konsep pemanfaatan limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat, memaparkan potensi limbah organik dalam membuat kalsium yang tinggi pada tanaman pisang, serta tahap pengaplikasian limbah organik terhadap pisang muda yang diharapkan dapat mengurangi masalah kekurangan kalsium.  
Penelitian ini dilakukan disekitar lingkungan SMA Semesta dan analisis dilakukan di Laboratorium Kimia Unnes, dengan pertimbangan di lingkungan  sekitar sekolah (tepatnya di dapur) banyak limbah yang  tersedia setiap hari yang dapat diteliti dan dikelola lagi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-Desember 2011. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah banyaknya kadar kalsium yang ada di limbah tulang ikan teri, cangkang telur, dan tulang ayam dan yang menjadi variable terikat dalam penelitian ini adalah banyaknya ion kalsium yang terdapat dalam buah pisang setelah diberi perlakuan. 
Dari pengujian sampel, diperoleh hasil yang mengandung kalsium dalam pisang yang diinfuskan 1% limbah tulang diperoleh rata-rata638.3334 mg/kg sampel dan yang diinfuskan 2% limbah tulang diperoleh rata-rata 898.3332mg/kg sampel , lebih tinggi dibanding perlakuan kontrol dengan rata-rata  388.3334 mg/kg sampel , sedangkan dengan pemberian Kalsidek diperoleh kandungan kalsium dengan rata-rata sebesar  828.3332 mg/kg sampel. Dengan kenaikan kadar 1% kalsium infus  meningkat sebesar 64,337% dibanding kontrol, sedangkan pisang dengan kadar infus 2 % kalsium limbah tulang meningkat sebesar 131,33% dibandingkan kontrol. Disimpulkan bahwa buah pisang dengan perlakuan 2% limbah (tulang ikan, tulang ayam dan cangkang telur) mengandung kalsium lebih tinggi dibandingkan perlakuan kontrol.





0 comments:

Post a Comment